Mengenal Josephine Alexandra - Gitaris Fingerstyle Indonesia


Josephine Alexandra adalah Youtuber Indonesia yang terkenal gegara kemahirannya dalam fingerstyle guitar. Di kanal YouTube nya, dia menunjukkan kemampuannya memainkan berbagai alat musik membawakan lagu-lagu terkenal. Kini ia tergabung sebagai artis Yamaha Music Indonesia.

Tercatat hari ini tanggal 10 Agustus 2020, Josephine sudah memiliki lebih dari 1,2 juta subscribers. Video Cover lagu 'Alone' dari Alan Walkernya sudah ditonton lebih dari 14 juta kali. Video cover lainya seperti On My Way, Memories, dan Bohemian Rhapsody juga mendapat banyak view.

Josephine lahir di Jakrta, pada tanggal 2 Mei 2001. Ia mulai bermain piano ketika berusia 4 tahun dengan mengambil kursus piano klasik, dan belajar bermain gitar dan drum ketika berusia 11 tahun.

Dia tidak mengambil kursus gitar fingerstyle pada saat itu, melainkan hanya belajar memainkan akord gitar saja. Alexandra mulai belajar gitar fingerstyle ketika dia menonton Sungha Jung di Youtube dan mulai memainkan beberapa lagu dengan tab, sampai akhirnya menemukan cara untuk mengatur lagu pada gitar.

"Piano adalah alat musik pertama yang dia pelajari, tapi waktu nyobain gitar dia bisa eksplorasi lebih dalam dalam mengaransemen sebuah musik, dan gitar juga gampang dibawa kemana-mana" kata Josephine di Channel Youtube YamahaMusikID.

Josephine juga menambahkan "Gitar juga instrumen yang disukai banyak orang, dan lebih menantang untuk dimainin. Buat orang, cewek sebaiknya main instrumen yang gak berdawai, cuma buat gue gitaris cewek itu keren", setuju banget sih, cowok mana yang tidak tertarik jika melihat seorang cewek jago main gitar.

Bahkan, Josephine Alexandra menjadi salah satu YouTuber yang tampil di YouTube FanFest 2018, Sabtu (22/09/2018) di Mal Central Park, Jakarta Barat.

Dalam acara YouTube FanFest tersebut, Josephine Alexandra meng-cover beberapa lagu seperti OST film 'Dilan' berjudul 'Dulu Kita Masih Remaja', 'Bohemian Rhapsody' dari Queen sampai 'Meraih Bintang' dari Via Vallen.

PRANALA