Mengenal Doel Sumbang, Artis Pop Sunda yang Fenomenal

Doel Sumbang adalah musisi Indonesia yang dikenal dengan lirik-liriknya yang tengil dan nyeleneh. Ia juga dikenal sebagai musisi Sunda. Atas kiprahnya di di seni sunda, ia diberi penghargaan Anugerah Karya Budaya Jawa Barat 2017 oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jawa Barat. Namanya di belantika musik Indonesia sering disejajarkan dengan Ebiet G Ade dan Iwan Fals.

Nama asli Doel Sumbang adalah Abdul Wahyu Affandi. Lahir di Bandung, Jawa Barat, pada tanggal 16 Mei 1963. Ia mengawali karier di dunia teater pada " Teater Braga ". Dan banyak belajar juga dari Remy Sylado yang tak lain adalah pimpinan Dapur Teater 23761

Dari sanalah ia mendapatkan nama julukan "Doel", nama "Sumbang" dikaitkan dengan lagu-lagunya yang nyeleneh, vulgar, dan tengil. Ia meraih kesuksesan lewat duetnya dengan Nini Carlina lewat lagu Kalau Bulan Bisa Ngomong, Aku Cinta Kamu dan Rindu Aku Rindu Kamu serta duetnya dengan Ikko lewat lagu Cuma Kamu.

Doel Sumbang juga dikenal sebagai musisi Sunda. Ia menyanyikan lagu tentang kehidupan-kehidupan masyarakat Sunda. Lirik lagunya yang terkadang ‘menyentil’, nyeleneh, dan tengil ini membuat lagu-lagunya dikenal publik karena dekat dengan kehidupan sehari-hari.

Doel Sumbang juga beberapa kali berperan sebagai pencipta lagu bagi sejumlah penyanyi di Indonesia, seperti Ikko, Ita Purnamasari, Yhanti Yuning juga dalam duet Agnes Monica dan Eza Yayang yang kala itu masih menjadi penyanyi cilik dalam album Yess!. Karya-karyanya yang terhitung cukup banyak serta karakter karyanya yang kuat sebagai musisi dan penyanyi membuatnya sering disejajarkan dengan musisi lain seperti Ebiet G Ade, atau Iwan Fals.

PRANALA